Fakta Tentang Kabel Bawah Laut Telkom yang Sempat Diduga Putus Akibat Serangan Hiu

  • Whatsapp
fakta tentang kabel bawah laut Telkom (net)
fakta tentang kabel bawah laut Telkom

JAKARTA – Isu menganai putusnya kabel bawah laut milik Indihome dan Telkomsel viral di media sosial setelah sejumlah netizen menyebut penyebab putusnya kabel yang menyebabkan gangguan jaringan pada wifi dan provider Telkom tersebut akibat serangan hiu.

Menanggapi hal ini Wakil Direktur Operasi Cyber Security Independence Resilience Team of Indonesia, Muhammad Salahuddien Manggalanny mengungkapkan kemungkinan putusnya kabel bawah laut Telkom akibat serangan hiu sangat kecil kemungkinannya bahkan hampir tdak pernah terjadi.

Salahuddien menuturkan material pelindung kabel bawah laut adalah bahan yang tidak menarik perhatian biota laut baik daya tarik agresivitas, reproduksi dan konsumsi.

Selain itu Salahudin menegaskan materiak kabel bawah laut memiliki pelindung yang kokoh dan tahan terhadap lingkungan sekitar mulai dari tekanan air, arus bawah laut kuat hingga benturan, tekukan, tusukan sampai gigitan hewan laut.

Walau begitu Salahuddin menuturkan kemungkinan ini masih bisa terjadi, namun dalam angka yang sangat kecil kemungkinannya.

“Kalau bicara kemungkinan ya bisa saja. Seperti antena wireless ditabrak kawanan burung atau kelelawar,” ucap Salahuddien.

Saat ini pihak Telkom masih terus berupaya memperbaiki jaringan kabel bawah laut yang mengalami kerusakan.

Seperti yang diketahui sebelumnya para pengguna provider Telkomsel dan wifi Indihome mengatu tidak bisa mengakses layanan internet.

Jaringan para pengguna terganggu sejak hati Minggu (19/9) sore yang dilaporkan karena adanya kerusakan dari kabel bawah laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *