VIRAL! Ternyata Banyak Patung Merlion di Indonesia

  • Whatsapp
VIRAL! ternyata banyak patung merlion di Indonesia (net)
VIRAL! ternyata banyak patung merlion di Indonesia (net)

JAKARTA – Merlion merupakan patung yang berkepala singa dengan badan seperti ikan. Namanya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa. Merlion dirancang oleh Fraser Brunner untuk Badan Pariwisata Singapura (STB) pada 1964 dan dipergunakan sebagai logonya hingga 1997.

Perdana Menteri saat itu, Lee Kuan Yew, meresmikan upacara pemasangan Merlion di Singapura pada 15 September 1972. Merlion tetap menjadi lambang merek dagangnya hingga sekarang. Ia juga sering kali muncul dalam suvenir yang disetujui oleh STB. Patung asli Merlion berdiri di mulut Sungai Singapura sementara sebuah replika yang lebih tinggi dapat ditemukan di Pulau Sentosa (Wikipedia).

Yang menarik, ternyata ‘Patung Merlion’ ini tidak hanya dapat dijumpai di Singapura, di beberapa wilayah Indonesia juga terdapat ‘Patung Merlion’ lho!

Berikut beberapa replika patung Merlion yang ada di Indonesia seperti yang di bagikan oleh salah satu akun pengguna Facebook dalam FORUM SKYSCRAPERCITY INDONESIA:

1. SurabayaVIRAL! Ternyata Banyak Patung Merlion di Indonesia 1

2. Deli SerdangVIRAL! Ternyata Banyak Patung Merlion di Indonesia 2

3. BontangVIRAL! Ternyata Banyak Patung Merlion di Indonesia 3

4. BanjarnegaraVIRAL! Ternyata Banyak Patung Merlion di Indonesia 4

5. MagelangVIRAL! Ternyata Banyak Patung Merlion di Indonesia 5

 

6. KaranganyarVIRAL! Ternyata Banyak Patung Merlion di Indonesia 6

7. PurwokertoVIRAL! Ternyata Banyak Patung Merlion di Indonesia 7

Keberadaan patung ini di Indonesia mendapat reaksi beragam dari netizen tanah air. Ada yang merasa prihatin, karena sejatinya Indonesia terkenal kaya akan budaya dan keseniannya, namun yang diperkenalkan justru budaya dan kesenian orang lain seperti patung Merlion ini.

Sementara ada juga yang tidak mempermasalahkannya dan menganggap itu sebagai salah satu upaya bagus agar wisatawan Indonesia tidak harus ke Singapura demi melihat dan berswafoto dengan Merlion.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *