Kemenparekraf Dorong Kota Salatiga Kembangkan Gastronomi Sebagai Wisata Unggulan

Sandiaga Uno Dorong Kota Salatiga Kembangkan Gastronomi Sebagai Wisata Unggulan dan Ciptakan Lapangan Kerja

JATENG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dorong pengembangan gastronomi di Kota Salatiga, Jawa Tengah untuk menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia.

“Kita baru saja berbincang dengan pak Walikota dan Forkopimda serta pelaku parekraf. Kita mendengar langsung dari para pelaku tentang kebangkitan ekonomi, terbukanya peluang usaha, berbasis gastronomi, dan produk-produk ekonomi kreatif dan wisata di Kota Salatiga,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Saluran8.com. Selasa (17/5/2022).

Bacaan Lainnya

Di penghujung tugas dari Walikota dan Wakil Walikota. Sandiaga Uno mengaku benda memberikan satu semangat optimisme bahwa lapangan pekerjaan akan terbuka berkaitan dengan pengendali Covid-19 lebih baik dan juga letak geografis Indonesia yang sangat strategis.

“Kami dari Kemenparekraf akan memberikan dukungan di berbagai sektor baik melalui pendekatan anggaran, kehadiran, maupun pendekatan regulasi,” lanjutnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta berharap program-program Kemenparekraf ini bisa semakin menjadi tatanan kebangkitan ekonomi baru sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo menyusun kenormalan baru.

“Bertransisi dari pandemi menuju endemi dengan pendekatan UMKM yang diberikan lebih keberpihakan dan digitalisasi yang sekarang sudah menjadi suatu fenomena yang harus diambil manfaatnya oleh pelaku dan sektor Parekraf,” terangnya.

Ia menyebutkan sudah melihat langsung kesiapan dari Kota Salatiga untuk menjadi destinasi gastronomi. “Jadi nanti kami akan berkoordinasi, mungkin dengan bu sekda juga, bahwa kota Salatiga ini diteruskan sebagai destinasi gastronomi karena sudah terpilih menjadi kota kreatif di 2021 dengan sub sektor gastronomi,” ucap Sandiaga Uno.

Pendekatan yang akan dilakukan kata Sandiaga Uno adalah event-event daerah dan nasional yang bisa diselenggarakan disini dan koordinasi sebagai bagian dari ruang lingkup pengembangan destinasi wisata  super prioritas Borobudur.

“Kita akan membuat beberapa event disini atas usul dari sejumlah komunitas. Saya juga sudah membuat kepada para teman komunitas untuk menghadirkan sebuah event yang nanti akan kami dukung untuk selanjutnya,” jelas Sandiaga Uno.

Sejumlah kuliner Salatiga yang termasuk legendaris yakni Soto Esto, Nasi dan Sambel Tumpang, Getuk Ketek, Ronde, Roti Tegal, Enting Gepuk, Bakso. Inilah kekayaan kuliner yang kami miliki dan diunggulkan untuk dapat dinikmati masyarakat di Luar kota Salatiga.

Dengan dukungan wisata gastronomi halal menjadi salah satu unggulan di Kota Salatiga, Sandiaga Uno akan mengkolaborasikan dengan program Kemenparekraf lainnya. “Sekarang ada program Indonesian Spice Of The World yang menyentuh 4 ribu restoran di luar negeri. Tapi belum ada yang menawarkan nasi tumpang ini. Jadi salah satu yang ingin kita hadirkan adalah kuliner khas Salatiga bisa juga mendunia. PR ini akan kita teruskan 10 tahun pak Wali sudah membangun ini, sudah saatnya kita mendorong,” tutur Sandiaga Uno.

Dengan program Indonesian Spice Of The World ini, Sandiaga Uno meyakini kota Salatiga ini nantinya menjadi kota Gastronomi unggulan. “Jadi kalau ada yang berpikir promosi pariwisata dan ekonomi kreatif kalau kuliner di Salatiga,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.