Peringati Hari Bakti Taruna, Menhan Prabowo Berziarah ke TMP Taruna

  • Whatsapp
Peringati Hari Bakti Taruna, Menhan Prabowo Berziarah ke TMP Taruna 1

BANTEN – Memperingati Hari Bakti Taruna. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna Kota Tanggerang, Rabu (26/1/2022).

Kedatangan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra ditemani oleh Wamenhan Muhammad Herindra dan Wakil Kota Tanggerang Arief Wismansyah.

Bacaan Lainnya

Mantan Danjen Kopassus menyebutkan tradisi ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang rela berkorban demi kemerdekaan Indonesia.

“Jadi ini sudah jadi acara berkala tiap tahun Hari Taruna ini kita menghormati pahlawan yang telah berkorban jiwa-raga tentunya di seluruh Indonesia banyak peristiwa, banyak pengorbanan, mengingatkan kita kemerdekaan kita itu bukan hadiah, tapi perjuangan yang sangat panjang, pengorbanan seluruh rakyat,” katanya kepada wartawan. Rabu (26/1/2022).

Disela-sela berziarah, Mantan Pangkostrad mengaku terkesan oleh perjuangan para pejuang di Tangerang. Sebab, menurutnya, di Tangerang banyak pejuang muda yang berjuang untuk Indonesia.

“Khususnya di sini yang berkesan adalah pengorbanan para pejuang yang masih muda usianya, para perwira masih muda. Kalau tidak salah, Daan Mogot walau berpangkat mayor, masih sangat muda usianya, masih 19 tahun dan anggota-anggotanya masih taruna 16 tahun. Ini untuk pewarisan nilai-nilai generasi muda,” ucapnya.

Ditambahkan Prabowo  juga menyampaikan sejumlah sanak keluarganya yang gugur dalam perang dimakamkan di TMP Taruna.

Dua keluarga Prabowo itu adalah Letnan Satu Soebianto Djojohadikoesoemo (Polisi Militer) dan taruna Akmil Soejono Djojohadikoesoemo.

“Di sini ada makam paman saya, ada dua itu. Satu sudah perwira, letnan satu, yang satu masih kadet/taruna. Yang lettu itu sebetulnya waktu itu termasuk polisi istimewa,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dia juga mengharapkan dapat menjadi motivasi untuk para generasi penerus bangsa.

“Tentunya kami sebagai pemerintah daerah sangat mengapresiasi karena di sini menjadi legacy akmil pertama yang ada di Indonesia. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi buat generasi penerus bangsa karena pahlawan-pahlawan yang gugur di Kota Tangerang ini masih sangat muda. Jiwa bela negaranya harus kita tiru,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *