Hasil Surevi Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul dari Ganjar dan Anies

Prabowo Subianto

JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi teratas elektabilitas Capres 2024 mendatang. Posisi puncak Prabowo Subianto berdasarkan hasil survei yang dilakukan Litbang Kompas.

Prabowo unggul dari nama-nama lain yang belakangan santer dikabarkan bakal ikut berlaga di pemilu tahun depan. Prabowo menempati urutan pertama dengan perolehan suara sebanyak 24,5%. Elektabilitas Prabowo unggul dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang meraup 22,8% suara dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan ketiga dengan 13,6% dukungan.

Bacaan Lainnya

“Suara Prabowo meningkat signifikan, yaitu 6,4%, dari sebelumnya 18,1% pada Januari 2023 dan menjadikan elektabilitanya berada di posisi teratas,” tulis Litbang Kompas yang telah dipublikasikan.

Sementara itu, elektabilitas Ganjar yang pada periode survei Oktober 2019 hingga Januari 2023 menunjukkan konsistensi kenaikan elektabilitas, sekrang terganjal dengan penurunan 2,5% dari survei Januari 2023 sebesar 25,3%. Sementara, posisi Anies nyaris tak berubah dari sebelumnya sebesar 13,1%,

Survei tersebut mengungkapkan turunnya elektabilitas Ganjar disebabkan oleh pernyataannya yang menolak tim sepak bola Israel main di Piala Dunia U-20.

“Yang kemudian dikaitkan dengan kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah pergelaran internasional tersebut, berpengaruh pada laju elektabilitasnya,” tulis survei itu.

Di urutan keempat pada survei tersebut ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan suara nyaris 6% dan disusul oleh Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang meraup angka dukungan sekitar 1%.

Ada pula nama lain seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Menkopolhukam Mahfud MD dengan elektabilitas masing-masing 0,9%.

Survei Litbang Kompas digelar sepanjang 29 April – 10 Mei 2023 melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi di Indonesia

Pos terkait